Selasa, 12 April 2011

Pembuatan Aplikasi Permainan Gembala Domba Menggunakan J2ME

Postingan ini dibuat untuk memenuhi tugas pemrograman multimedia. Postingan ini akan menjelaskan tentang aplikasi permainan gembala domba menggunakan J2ME.

Java 2 Micro Edition (J2ME)
Keberagaman jenis perangkat komunikasi selular telah mengakibatkan munculnya berbagai macam platform sehingga memunculkan permasalahan bagi pengembang aplikasi. Hal tersebut memunculkan kebutuhan akan adanya suatu platform yang mampu berjalan pada berbagai jenis perangkat komunikasi mobile. Dalam kaitan itulah kemudian muncul J2ME (Java 2 Micro Edition) yang memungkinkan dilakukannya hal tersebut, tentunya selama perangkat-perangkat tersebut mengimplementasikan teknologi Java. J2ME merupakan edisi khusus dari Java dan subset dari edisi J2SE.

J2ME merupakan pemrograman dengan peralatan-peralatan kecil atau terbatas, seperti PDA, Handphone, Pager dan lain-lain. Perangkat J2ME, seperti semua program Java diterjemahkan oleh VM. Program tersebut di compile kedalam bytecode dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine (JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut berhubungan langsung dengan perangkat J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. munculnya MIDP 2.0 untuk Java 2 Micro Edition, memungkinkan untuk membuat aplikasi permainan berbasis Java. Dengan adanya J2ME ini maka kita dapat membuat berbagai jenis aplikasi seperti aplikais permainan karena seperti kita ketahui perkembangan aplikasi permainan sendiri telah semakin maju, ini terlihat dari makin bervariasinya jenis-jenis aplikasi permainan yang ada saat ini. 

J2ME Wireless Toolkit (WTK)
 J2ME wireless toolkit (WTK) adalah seperangkat peralatan untuk membangun MIDP atau merupakan perangkat lunak atau tool emulator (mensimulasikan) kerja handphone, sehingga pada waktu membuat program kita tidak perlu mencoba langsung (koneksi) ke handphone. Toolkit ini dapat digunakan standalone, atau dimasukkan ke dalam banyak pembangunan lingkungan terpadu populer (IDE). Wireless Toolkit mendukung pengembangan aplikasi Java yang berjalan pada perangkat seperti telepon seluler, pager dua arah, dan palmtop.

Penjelasan Mengenai Permainan Gembala Domba
Permainan gembala domba ini merupakan salah satu permainan yang terdapat di telepon seluler. Pada permainan ini pemain sebagai anjing gembala yang bertugas menggiring domba-domba kedalam kandang secepat mungkin untuk memperoleh waktu tercepat. Pada permainan ini terdapat lima level permainan. tingkatan level didasarkan pada jumlah domba yang bertambah satu. Permainan ini sangat menarik karena anjing dan domba-domba tersebut akan bergerak atau berlari-lari secara acak atau random. Permainan ini dibuat bukan hanya sebagai hiburan namun memberikan tantangan kepada pemain untuk memainkan permainan ini, membutuhkan konsentrasi dan kesabaran pemain. Pembuatan permainan gembala ini menggunakan bahasa pemrograman Java 2 ME dengan editor NetBeans IDE 6.8. selain itu dibutuhkan Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC disediakan sebuah emulator yaitu sebuah perangkat untuk pengembangan aplikasi wireless. 


Aturan Permainan Gembala Domba
Di dalam permainan gembala domba ini terdapat seekor anjing gembala, sekelompok domba, sebuah kandang, dan padang rumput yang terdapat sungai dipinggirnya. Aturan permainan pada permainan gembala domba ini adalah ada sekelompok domba dan seekor anjing gembala yang bergerak secara acak di sekitar kandang pada sebuah padang rumput yang terdapat sungai dipinggirnya. Di sini anda sebagai pemain berperan sebagai anjing gembala yang akan menggiring domba-domba tersebut kembali ke kandangnya secepat mungkin. Jika anda berhasil memasukkan domba-domba tersebut ke dalam kandang akan terlihat berapa detik waktu yang anda butuhkan untuk memasukkan domba-domba tersebut. Cara memainkan permainan ini adalah  dengan menekan tombol navigasi kiri atau angka 4 untuk menggerakkan anjing ke arah kiri, tombol navigasi kanan atau angka 6 untuk menggerakkan anjing ke arah arah, tombol navigasi atas atau angka 2 untuk menggerakkan anjing ke arah atas, tombol navigasi bawah atau angka 8 untuk menggerakkan anjing ke arah bawah.

Langkah-langkah Pembuatan Aplikasi Permainan Gembala Domba
Langkah-langkah pembuatan Aplikasi permainan Gembala Domba ini adalah:
1. kita buka Buka Wireless Toolkit 2.5.2 melalui jendela windows (Start, AllProgram, Sun    Java(TM) Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC ). 

 2. setelah itu buat project baru dengan nama gembala domba
3. kemudian kita akan melakukan setting pada API Selection untuk memilih JTWI (Java Technology for The Wireless Industry Specification) sebagai Platform dan CLCD 1.0.
4. selanjutnya membuat coding program pada editor netbeans Pada permainan ini terdapat 12 kelas Java untuk source codenya Source code yang telah dibuat disimpan dalam file dengan ekstensi .java dan disimpan di folder src yang berada pada direktori C:\Documents and Settings\Loe-loe^_^\j2mewtk\2.5.2\apps\Gembala Domba. Sedangkan untuk image disimpan didirektori C:\Documents and Settings\Loe-loe^_^\j2mewtk\2.5.2\apps\Gembala Domba\res.

5.  pada J2ME WTK buka project yang telah kita buat kemudian dilakukan kompilasi program dengan mengakses menu build pada Wireless Toolkit 2.5.2

6. Setelah program berhasil dijalankan maka akan muncul emulator kemudian tekan tombol launch untuk memulai aplikasi. Tampilan pembuka akan muncul dan dilanjutkan dengan menekan command Launch maka akan muncul tampilan splash screen.
 
 Tampilan Splash Screen Permainan 

7. Selanjutnya tampil menu utama, pilih play untuk memulai permainan ke level 1.


 Tampilan  Menu Play

Tampilan permainan pada level 1, jika berhasil akan tampil waktu yang didapat pemain untuk menyelesaikan level 1. 



Tampilan Level 1

Jika berhasil menyelesaikan permainan, maka lanjut ke level 2, level 3, level 4 dan permainan berakhir pada level 5. Tingkatan level didasarkan pada jumlah domba yang bertambah satu.  kemudian pemain dapat melihat waktu terbaik tiap level.

demikian postingan ini, semoga dapat bermanfaat!!  

Nama : Nurlu'lu
NPM  : 50407633
Tugas Pemrograman Multimedia

0 komentar:

Posting Komentar