Kamis, 25 Februari 2010

Human Computer Interaction

Interaksi Manusia dan Komputer

sejarah HCI
setiap peristiwa yang terjadi dari penilaian cara pandang manusia terjadi pergeseran paradigma saat seseorang datang sehingga dapat membantu orang tersebut melakukan hal-hal apa saja yang diinginkan. Sekitar tahun 1700-an dan 1800-an orang-orang mulai berpikir tentang komputer digital namun teknologi baru baru muncul di tahun 1940-an dan 1950-an.Memahami sejarah HCI sebagian besar adalah tentang memahami serangkaian pergeseran paradigma. Tidak semua peristiwa yang akan datang berupa "paradigma" pergeseran, tetapi anda dapat menilai itu berupa sebuah ide/pemikiran.

Paradigma
HCI yang berkembang berkembang sekarang diperoleh dari usaha yang tidak mudah dan harus dengan rancangan yang sangat penuh ide dan kreatifitas. Seperti pandangan teoritis dari beberapa ahli seperti Aristoteles, Newton, Einstein (relativitas) paradigma dalam fisika.

Akses komputer pribadi/personaal computing sebagai paradigma baru
Pada tahun 1970-an IBM PC membuat personal komputing dengan perintah berbaris berupa teks dan Sistem ini lebih kuat jika user mudah untuk menggunakannnya. Disini terdapat mesin yang kuat yang didedikasikan untuk individu. Dalam sisitem diperlukan jariangan dan waktu berbagi. Penjualan komputer ini sangat banyak.

Pendapat-pendapat para ahli:
Vennevar Bush
Sekitar tahun 1945 (Atlantic Montlhly) Vannevar Bush memimpin ribuan ilmuwan yang mendapat kesulitan pada saat melakukan penelitian. Selanjutnya Bush mengembangkan dan mempublikasikan dengan memperpanjang inovasi penyimpanan informasi dan pengambilan produk yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penyimpanan data informasi dengan memori yang sudah cukup besar. Penelitian ini juga dapat membuat jejak link melaui materi. Dimana mekanisme dikendalikan oleh perangkat Memex. Kemudian hal ini dibayangkan sebagai mikrofilm,bukan merupakan komputer.

J.R. Licklider
tahun 1960 Licklider mengumumkan tentang hubungan simbiosis antara manusia dengan komputer. pasangan otak manusia dan mesin komputer sangat berhubungan erat dengan informasi yang merevolusi penanganan suatu komputer. Dia memiliki tujuan atau visi yang terbagi menjadi Immed yang terdiri dari waktu berbagi dan memiliki tempat penyimpanan/memory yang besar dan intermed terdiri atas speech recognition,character recognition dan pena cahaya untuk pengeditan.

ivan Sutherland
mengemumumkan tentang ikon master gambar dengan light pen sebagai perangkan input

Douglash Engelbart
Sebagai Landmark sistem / demo dimana hierarkis hypertext, multimedia, mouse, high-res layar, jendela, berbagi file, pesan elektronik, CSCW, telekonferensi.

Alan Kay
Menyebutkan bahwa Dynabook - Notebook berukuran penuh dengan komputer multimedia dan dapat menyimpan segala macam informasi yang dapat diakses oleh komputer pribadi dan merupakan dekstop interface.
PC-PC menggunakan GUI
Sekitar tahun 1970 muncul Xerox PARC dan ALTO yang mengunakan processor lokal,bitmap layar,mouse,prekusor GUI modern,jendela,menu,scrollbars dan LAN-Ethernet.

Xerox star pada tahun 1981-an
Merupakan PC komersial pertama yang dirancang untuk "bisnis profesional" menngunakan metafora desktop dengan menunjuk WYSIWYG yang memiliki konsistensi yang tinggi dan kesederhanaan. Xerox menggunakan sistem untuk pertama kali yang didasarkan pada kegunaan rekayasa kertas prototyping dan analisis tentang Kegunaan pengujian dan perbaikan iterativeXerox star ini
Star
adalah produk gagal yang sistem arsitekturnya tertutup dan kunci/key yang kurang berfungsi. Dan memerlukan biaya sebesar $15.

Apple Lisa, tahun 1982
Diciptakan berdasarkan ide dari star, lebih mempunyai akses pribadi dibandingkan dengan menggunakan office tools. Sistem ini jarang ditemukannya kegagalan.

Apple macinthos tahun 1984
Sistem ini memiliki tampilan yang baik desetiap panduannya. pada tipe ini tidak mudah trail/error. Tipe ini memiliki aplikasi pihak ke-3 dan memiliki grafis kualitas yang tinggi untuk laser dan print.dan harganya berkisar di $2.500.

WIMP
WIMP( windows, icons, menus dan pointers). Sistem yang muncul dalam Xerox, ALTO, STAR dan Apple. WIMP dapat melakukan beberapa hal secara langsung dan sangat familiar dalam antarmuka GUI.

Metaphor
Digunakan untuk pemecahan masalah dalam hal tertentu tertentu seperti menghubungakan komputer dengan aktivitas dunia nyata dalam suatu pembelajaran yang efektif seperti manajemen file pada dekstop kantor dan analisa spreadsheet.

Manipulasi langsung
pertama muncul dari personal computer macintosh dari apple computer Inc. Pada tahun 1982 Shneiderman. menggambarkan daya tarik berbasis interaksi grafis objek- objek yang visibilitas, dimana
incremental aksi dan umpan balik yang cepat , dan memilki kemampuan untuk membalikan dan mendorong eksplorasi juga dapat menggantikan bahasa dengan tindakan, yang ketepatan sintaksis pada semua tindakan.

Multimodality
Merupakan sebuah sebuah saluran komunikasi manusia yang bukan hanya pada indra misalnya pidato dan non-speech audio adalah dua mode Penekanan pada penggunaan simultan beberapa saluran untuk I / O

Hypertext
Merupakan Sebuah pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linier tetapi sebagai node yang saling berhubungan.


Nama : NUR LU'LU
NPM : 50407633

0 komentar:

Posting Komentar