Sabtu, 27 Februari 2010

Langkah-langkah Membuat Animasi Kartun Meong Menggunakan Flash.


Kita akan membuat animasi kartun meong. Animasi ini menggambarkan tentang meong yang sedang menjilati sisa-sisa tulang dan kepalanya bergoyang-goyang kekiri dan kanan.

Membuat Background
Tahap pertama dalam pembuatan animasi kartun meong ini adalah membuat background. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Area stage yang digunakan adalah 500 X 400 pixel.
2. Untuk memperbaiki tampilan stage, tekan Ctrl+2 pada keyboard.
3. Pada panel titleline terdapat 6 layer dengan layer yang berbeda yaitu:layer sound, layer kepala, layer Piring dan tulang, layer tubuh, layer ekor dan layer backround.
4. Pilih layer background.
5. Kemudian aktifkan Rectangle Tool lalau pilih Stroke Color: None dan file Color : Radial (Hitam/Biru).
6. Lakukan klik dan drag untuk membuat kotak seukuran stage area.
7. Dengan Selection Tool seleksi gambar backround.
8. Kemudian pada panel color Mixer drag Gradient Pointer sebelah kiri sedikit ke tengah.
9. Tambahkan lagi satu gradient pointer di sisi kiri kemudian ubah warnanya menjadi putih.
10. Aktifkan fill transform lalu klik dan drag handle yang ada ditengah kiri atas.
11. Tekan F5 pada frame 55


Membuat Animasi Kepala
Kini kita akan membuat animasi kepala. Langkah pembuatannya adalah:
1. Pilih layer kepala lalu tekan Ctrl+L untuk menampilkan panel Library.
2. Lakukan klik dan drag symbol lingkaran dan ditempatkan di area stage.
3. Seleksi symbol lingkaran kepala lalu tekan F8 pada keyboard kemudian ubah namanya menjadi kepala. Pilih Behavior: Movie Clip dan registration point tengah. Kemudian klik OK.
4. Klik ganda Movie Clip kepala.
5. Kini kita telah sampai dijendela edit symbol kepala.
6. Buat 8 layer denagn masing-masing nama seperti(layer tangan, layer hidung & kumis, layer lidah, layer mulut, layer garis mata, layer mata, layer lingkaran kepala, dan layer telinga).
7. Pada layer lingkaran kepala tekan F7 pada frame 55.
8. Pilih layer pada telinga kemudian pada panel Library, drag gambar symbol telinga ke area stage.
9. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer telinga.
10. Tekan F6 pada frame 10,20 dan 35.
11. Pilih frame 10 turunkan gambar telinga.
12. Sekarang pilih frame 20 kemudian aktifkan Free Transform Tool kemudian kecilkan gambar telinga.
13. Tekan F5 pada frame 55.
14. Sekarang pilih frame 1 untuk layer mata.
15. Drag ke area stage gambar mata dari panel Library.
16. Tempatkan symbol mata di lingkaran kepala.
17. Tekan F5 pada frame 55.
18. Kini klik Insert layer untuk membuat layer baru diatas layer mata kemudian ubah nama layer baru tersebut menjadi mask 1.
19. Drag gambar mask 1 pada panel Library.
20. Berikan Create Motion Tween pada frame 1 layer mask 1 lalu tekan F6 pada frame 10,20 dan 35.
21. Pada frame 10 dan 20 drag gambar mask 1 ke bawah.
22. Klik kanan pada layer mask1 lalu pilih mask.
23. Kini pilih layer garis mata kemudian drag gambar garis mata dari panel Library.
24. Berikan Create Motion Tween pada frame 1.
25. Tekan F6 pada frame 10.
26. Pilih frame 10 dengan mengaktifkan Free Transform Tool turunkan dan besarkan gambar garis mata.
27. Tekan F7 pada frame 11.
28. Sekarang aktifkan Line Tool dengan Fill Color : hitam lalu buat dua buah garis dengan Line Tool.
29. Dengan selection Tool lengkungkan garis.
30. Masih dengan Line Tool buat juga dua buah garis kecil di ujung masing-masing garis.
31. Tekan F5 pada frame 20.
32. Pilih layer mulut.
33. Kemudian dari panel Library lakukan klik dan drag gambar garis mulut dan tempatkan di area stage.
34. Berikan Create Motion Tween pada frame 1.
35. Tekan F6 pada frame 10,20 dan 35.
36. Pada frame 10 dan 20 turunkan gambar garis mulut.
37. Tekan F5 pada frame 55.
38. Kini pilih layer lidah.
39. Drag gambar lidah yang ada pada panel Library dan tempatkan pada area stage.
40. Berikan Create Motion Tween kembali pada frame 1.
41. Tekan F6 pada frame 10,20 dan 35.
42. Pilih frame 10 lalu drag gambar lidah sedikit ke bawah.
43. Sekarang pilih frame 20 kemudian aktifkan Free Transform Tool lalu miringkan gambar lidah.
44. Tekan F5 pada frame 55.
45. Klik Insert layer untuk membuat layer baru dengan nama mask 2 dan tempatkan layer tersebut di atas layer lidah.
46. Pilih mask 2 lalu drag gambar mask 2 yang ada pada panel Library dan tempatkan di antara gambar lidah.
47. Berikan Create Motion Tween pada frame 1.
48. Tekan kembali F6 pada frame 10,20 dan 35.
49. Seperti langkah-langkah sebelumnya pada frame 10 dan 20 ikuti gerak dari gambar garis mulut.
50. Tekan F5 pada frame 55.
51. Klik kanan pada layer mask 2 lalu pilih mask.
52. Pilih layer hidung & kumis.
53. Pilih frame 1 lalu drag gambar hidung & kumis yang ada pada panel Library dan tempatkan.
54. Klik kanan pada frame 1 lalu pilih Create Motion Tween.
55. Tekan F6 pada frame 10,20 fan 35.
56. Turunkan sedikit gambar hidung & kumis pada frame 10 dan 20.
57. Tekan F5 pada frame 55.
58. Pilih layer tangan.
59. Pilih frame 1 lalu drag gambar tangan yang ada pada panel Library dan tempatkan di antara gambar lingkar kepala.
60. Berikan Create Motion Tween pada frame 1.
61. Tekan F6 pada frame 10,15 dan 20.
62. Pilih frame 10 lalu dengan mengaktifkan Free Transform Tool putar dan tempatkan gambar tangan.
63. Kini pilih frame 20 lalu ubah lagi gambar tangan.
64. Tekan F6 kembali pada frame 27, 35, 40, 50 dan 55.
65. Tempatkan gambar tangan pada masing-masing frame.
66. Klik Add Motion Guide.
67. Tekan F7 pada frame 20.
68. Aktifkan Line Tool lalu buat garis miring.
69. Tekan F7 pada frame 50.
70. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke Scene 1.
71. Tekan F5 pada frame 55 layer kepala.
72. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke scene 1.
73. Tekan F5 pada frame 55 layer kepala.
74. Tekan Ctrl S untuk menyimpan animasi kartun meong.

Membuat animasi tubuh
Kini kita akan membuat animasi tubuh. Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
1. Pilih layer tubuh, kemudian drag gambar tubuh yang ada pada panel Library dan tempatkan pada gambar tersebut.
2. Tekan F5 pada frame 55.
3. Sekarang pilih layer ekor
4. Aktifkan oval tool lalu buat objek oval dengan Stoke Color: None dan Fill Color radial (abu-abu atau putih).
5. Dengan ukuran W: 228 dan H: 17 kemudian tempatkan di area stage.
6. Dengan mengaktifkan Free Transform Tool miringkan objek oval.
7. Seleksi objek oval lalu tekan F8 pada keyboard kemudian rubah namanya menjadi ekor. Pilih Behavior: Movie Click dan registration point tengah kemudian klik OK.
8. Lakukan klik ganda pada Movie Clip ekor.
9. Dengan Selection Tool ikuti langkah-langkah pembuatan ekor.
10. Tekan F6 pada frame 5, 10, 15, 25, 35 dan 40.
11. Pilih frame 5 masih dengan Selection Tool dan ubah lagi gambar Ekor.
12. Ubah bentuk ekor pada masing-masing frame.
13. Klik frame 1 dan pastikan semua Keyframe terseleksi.
14. Pilih panel properties pilih Tween: Shape.
15. Tekan Ctrl+E untuk ke scene 1.

Finalisasi
Sekarang kita memasuki tahap akhir dalam pembuatan animasi kartun Meong, yaitu finalisasi. Ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilih layer Piring & tulang.
2. Pilih frame 1 lalu drag gambar piring & tulang yang ada pada panel Library dan tempatkan gambar tersebut.
3. Tekan F5 pada frame 55.
4. Sekarang pilih frame 1 pada layer kepala lalu lakukan klik kanan pilih Create Motion Tween.
5. Tekan F6 pada frame 10, 30, dan 40.
6. Dengan mengaktifkan Free Transform Tool miringkan gambar Kepala pada masing-masing frame.
7. Pilih frame 1 lalu pada Properties pilih Sound: Orchestra Bells- Doorbell.WAV.
8. Tekan F7 pada frame 30 lalu pada Properties pilih kembali Sound: Orchestra Bells- March.WAV.
9. Tekan Ctrl+S untuk menyimpan ulang animasi.
10. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi kartun Meong.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagoooooooooooooooz bgt

Posting Komentar